Minggu, 06 Maret 2011

Penemu telepon yang sesungguhnya

Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat berakhir pekan bagi anda semua hari ini, bagi yang tidak berakhir pekan teruslah semangat. Kita semua sudah tahu, sebagai manusia kita sangat ketergantungan sekali dengan benda yang satu ini yaitu telepon. Semua orang menggunakannya dan sudah menjadi banda primer dalam kehidupan kita. Anda bayangkan saja dalam satu hari anda tidak memegang telepon, hahaha pasti anda tidak mau membayangkannya begitupun saya. Tapi mungkin anda ingin tahu siapa sih yang menemukannya telepon sebenarnya, dan dengan cara apa dia menemukannya. Oke kali ini saya akan posting tentang penemuan paling fenomenal yaitu telepon.

Siapakah yang menemukan telepon? Mungkin anda akan menjawab Alexander Graham Bell. Tapi kita akan lihat siapa itu Graham Bell.



Alexander Graham Bell

Alexander Graham Bell
Alexander Graham Bell.jpg
Alexander Graham Bell tahun 1910
Lahir 3 Maret 1847
Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya
Meninggal 2 Agustus 1922 (umur 75)
Beinn Bhreagh, Nova Scotia, Kanada
Sebab meninggal Pernicious anemia
Pendidikan University of Edinburgh
University College London
Pekerjaan Penemu, Ilmuwan, Profesor (Boston University)
Dikenal karena Penemu telepon
Pasangan Mabel Hubbard
(married 1877–1922)
Anak (4) Dua anak mati ketika masih kecil dan dua anak perempuan.
Orang tua Alexander Melville Bell
Eliza Grace Symonds Bell
Kerabat Gardiner Greene Hubbard (Mertua)
Gilbert Hovey Grosvenor (Keponakan)
Melville Bell Grosvenor (cicit)
Alexander Graham Bell (lahir di Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya, 3 Maret 1847 – meninggal di Beinn Bhreagh, Nova Scotia, Kanada, 2 Agustus 1922 pada umur 75 tahun) adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon Bell. Selain karyanya dalam teknologi telekomunikasi, ia juga menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologi penerbangan dan hidrofoil.
Bell umumnya dikenal sebagai penemu telepon, meski Kongres AS pada Juni 2002 menetapkan bahwa Antonio Meucci-lah yang menemukan telepon.

Hah Alexander Graham Bell bukan penemu telepon, lalu siapa itu Antonio meucci yang ngaku-ngaku penemu telepon? Oke sekarang kalian duduk manis dan baca yang di bawah ini.


Antonio Meucci



Antonio Meucci
Antonio Santi Giuseppe Meucci (lahir di San Frediano, 13 April 1808 – meninggal 18 Oktober 1889 pada umur 81 tahun) adalah seorang penemu berkebangsaan Italia yang penemuannya merupakan alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini untuk kehidupan sosial yaitu telepon.
Umumnya penemu telepon yang lebih dikenal masyarakat adalah Alexander Graham Bell, tetapi sepertinya sejarah harus ditulis ulang karena adalah seorang imigran dari Firenze (Florence), Italia yang bernama Antonio Meucci yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849 dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871.

Latar belakangnya

Antonio Meucci lahir di San Frediano, dekat kota Firenze pada tahun 1808. Dia adalah lulusan Akademi Kesenian Firenze, lalu bekerja di Teatro della Pergola sampai tahun 1835, dan kemudian ditawari pekerjaan di Teatro Tacon in Havana, Kuba dan berimigrasi di sana bersama istrinya.
Pada waktu senggangnya Antonio Meucci suka melakukan penyelidikan terhadap sesuatu dan menciptakan barang-barang baru tanpa putus asa. Meucci telah mengembangkan cara menggunakan setrum listrik untuk menyembuhkan penyakit dan menjadi populer karenanya.
 

Penemuan telepon

Pada tahun 1850, dia pindah ke Staten Island, New York. Pada saat itu Meucci jatuh miskin, tetapi masih terus menyempurnakan alat yang telah diciptakannya yaitu telepon. Dikarenakan ia sakit keras dan perekonomian yang sulit, istrinya terpaksa menjual beberapa alat-alat ciptaannya hanya seharga enam dolar untuk biaya pengobatan.
Setelah sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam untuk kembali membuat alat-alat ciptaannya. Pada tahun 1871, disebabkan tak cukup uang untuk membayar paten telepon, ia hanya membayar paten sementara yang berlaku untuk setahun dan harus diperpanjang pada tahun selanjutnya.
Meucci mencoba untuk mendemonstrasikan potensi "telegraf berbicara" ini serta membawa model dan segala keterangannya pada wakil ketua perusahaan telegraf Western Union. Setiap kali Meucci hendak menemui wakil ketua ini, Edward B.Grant selalu mengatakan bahwa dia tak ada waktu. Dua tahun kemudian, saat Meucci meminta kembali semua materi telepon di perusahaan tersebut, ternyata mereka hanya mengatakan telah "hilang".
Pada tahun 1876, Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon. Setelah Meucci mengetahuinya, ia memanggil seorang pengacara untuk memprotes pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Meucci mengalami kekalahan untuk kasus ini. Setelah adanya permusuhan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union baru terungkap bahwa Bell sebelumnya telah menyetujui membayar duapuluh persen keuntungan komersil atas "penemuannya" selama 17 tahun kepada Western Union.
Antonio Meucci wafat pada tanggal 18 Oktober 1889.

Penetapan sebagai penemu

Lebih dari seabad dan di seluruh penjuru dunia, Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon. Tetapi pada tanggal 11 Juni 2002 di kongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon.


Nah sekarang anda sudah tahu siapa penemu telepon sesungguhnya bukanlah Alexander Graham Bell, dia hanya memenangkannya di persidangan atas hak cipta dari antonio meucci. Maaf bagi para penggemar Graham Bell, tapi inilah kenyataannya. Saya hanya memberikan informasi kepada anda, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.


sumber:Wikipedia

//mohon perhatian !!! boleh copypaste tapi kalau anda tidak keberatan tolong sertakan linkback ke blog ini//

Artikel Terkait



5 komentar:

the mental realm mengatakan...

hehe, saya mau menjawab pertanyaan anda di blog saya ...

sebenarnya saya kurang paham soal mendaftarkan blog ke search engine. saya baru mendaftarkan blog saya ke google dan yahoo.

untuk mendaftarkan blog anda ke google, bisa anda baca di sini: http://blog.re.or.id/cara-mendaftarkan-blog-ke-google.htm

untuk mendaftarkan blog anda ke yahoo, bisa anda baca di sini : http://blog.re.or.id/cara-mendaftarkan-blog-ke-yahoo.htm

semoga membantu.

the mental realm mengatakan...

oh ya, kalau anda ingin mendaftar di Yahoo, anda harus punya account yahoo. terus, di link yg saya berikan untuk mendaftar yahoo di sana tertulis harus buka : https://siteexplorer.search.yahoo.com/submite itu salah tulis. seharusnya https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit

Anonim mengatakan...

owh baru tau kalo ternyata bukan graham bell toh yg menemukan telp, kayakxa harus di ganti di pelajaran sekolah. Postingan yang sangat menarik

Phoenix Hand mengatakan...

Bener tuh... Tapi, kenapa baru satu abad baru diketahui ya? Ada apa di balik semua ini? Kata guru ane katanya ada konspirasi di balik penemuan telepon...
Btw, boleh tukeran link?

Anonim mengatakan...

dfgfdgfdsh

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijak, komentar tentang agama tidak apa-apa asalkan tidak menyinggung, menghujat, mengejek agama lain.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons