Jumat, 20 Mei 2011

Ramalan Kiamat 21 Mei 2011 Ternyata Hanyalah Sebuah HOAX

Hallo para pecinta blog wrong dimension, oh iya kita lagi ada berita gempar nih mengenai kiamat yang akan terjadi akhir pekan ini,, bagaimana menurut kalian, apakah ini beneran? jangan takut, disini saya akan memberikan bukti-bukti kalau ini hanyalah sebuah HOAX.

Berita kiamat 21 mei 2011 ini telah menyebar beberapa blog pun turut menyebarkan berita ini, tetapi apakah kiamat memang akan datang? dan siapa kah orang yang menyebarkan berita ini? Harold Camping itu lah orangnya,,




Harold Camping adalah seorang penyiar radio Kristen dan sekaligus presiden direktur Family Radio (sebuah jaringan siaran agama Kristen yang berbasis di California dan mencakup lebih dari 150 outlet di Amerika Serikat). Ia dikenal luas belakangan ini dikarenakan prediksinya tentang hari kiamat. Camping sebelumnya telah memprediksi hari kiamat akan jatuh pada tanggal 6 September 1994 namun setelah gagal dia mengatakan bahwa dia “salah hitung”.

Kali ini dia mengeluarkan prediksinya yang terbaru, yaitu hari kiamat yang dia yakini akan jatuh pada tahun ini Sabtu 21 May 2011 dan puncaknya Jumat 21 October 2011. Dia juga men-cap prediksinya itu sebagai prediksi “without fail” alias “tidak akan gagal”. Dan hari tersebut tinggal beberapa jam saja lagi. Kalian bisa melihat kelanjutan kisahnya disini

Tetapi tahukah anda siapa pertama kali yang menyebarkan berita ini? Weekly World News lah yang pertama kali menyebarkan berita HOAX ini,, dan kalian tahu kenapa berita ini saya sebut HOAX? karena weekly world news adalah media yang selalu menyebarkan berita HOAX,,


Sedikit mengenal mengenai media-media penyebar HOAX

Di Amerika dan Eropa, ada banyak media yang mengkhususkan diri dalam berita parodi atau satir. Media semacam ini mencampuradukkan antara kisah fiktif dengan kisah nyata. Namun, tidak ada pelanggaran hukum yang dilakukan karena mereka menyatakan dengan jelas kalau mereka adalah media parodi dan satir. Semua pelanggannya mengetahui dengan jelas kalau kisah yang ditampilkan hanya fiksi. Tetapi mereka menganggapnya hanya sebagai sebuah hiburan. Tidak ada yang menganggapnya sebagai kisah yang serius.

Nah, jika kalian menemukan sebuah kisah spektakuler (yang sepertinya mustahil) yang bersumber dari media-media semacam ini, kalian boleh menganggapnya sebagai hoax.

Dua di antara media parodi yang paling terkenal adalah The Onion dan Weekly World News.

The Onion

The Onion adalah media parodi yang beredar dalam bentuk tabloid di Amerika Serikat dan berdiri pada tahun 1988. Ketika internet booming, media ini pun menciptakan theonion.com. Luar biasanya sirkulasi tabloid ini mencapai hingga 690.000 eksemplar.

Banyak berita parodi atau satir yang dimuat oleh the onion kemudian tersebar dan diberitakan oleh media-media utama lainnya. Contohnya, the onion pernah mempublikasikan berita parodi yang berjudul "Para anggota kongres mengancam akan meninggalkan Washington DC kecuali pemerintah membangun gedung DPR yang baru". Berita ini kemudian dikutip oleh Beijing Evening News yang kemudian juga dikutip oleh Reuters.

Hebatnya, walaupun The Onion sudah mengklarifikasinya, Beijing Evening News menolak mencabut berita itu dan menuntut adanya bukti kalau berita itu bohong. Luar biasa! Belakangan, Beijing Evening News menyerah dan mencabut berita itu sambil mengeluarkan respon marah: "Beberapa media kecil Amerika secara teratur memalsukan berita untuk menipu orang-orang dengan tujuan menghasilkan uang."

Memang benar. Tetapi The Onion telah memberitahukan kepada para pembacanya sejak awal kalau mereka adalah media parodi. Sayangnya media besar seperti Beijing Evening News tidak pernah membaca pemberitahuan itu.

Beberapa berita yang diberitakan oleh Onion:

Mayat Michael Jackson


Pada tanggal 16 Maret 2005, The Onion menurunkan berita kalau pihak kepolisian yang meneliti Ranch neverland milik Michael Jackson menemukan sebuah mayat yang setelah diidentifikasi ternyata merupakan mayat Michael Jackson. Menurut berita itu, mayat tersebut telah meninggal sekitar 18 atau 20 tahun yang lalu, yang artinya Michael Jakcson yang saat itu masih hidup adalah seorang penipu yang sedang menyamar!

Neil Armstrong dan konspirasi pendaratan bulan
 
Pada September 2009, dua koran Bangladesh, The Daily Manab Zamin dan The New Nation memuat berita mengenai Neil Armstrong. Kedua media tersebut mencantumkan the onion sebagai sumber. Dalam berita tersebut dikatakan kalau Neil Armstrong telah mengadakan konferensi pers untuk memberikan pengakuan kalau pendaratan di bulan adalah palsu dan merupakan hasil rekayasa terencana. Setelah menyadari kalau berita itu adalah berita parodi, kedua media tersebut kemudian meminta maaf kepada pembacanya karena tidak memeriksa kebenaran berita tersebut sebelumnya.

Justin Bieber dan Paedophilia
 
Berita terakhir dari The Onion yang cukup membuat heboh adalah mengenai Justin Bieber. The Onion menurunkan berita kalau Justin Bieber, idola para remaja yang baru berusia 16 tahun, sesungguhnya adalah seorang paedophilia berusia 51 tahun yang sedang menyamar.


Kisah ini tentu saja sangat lucu, aneh dan tidak dapat dipercaya. Sekarang kalian pun mengetahui kalau kisah ini hanyalah sebuah hoax.

Jadi, bagi para wanita, kalian bisa bernafas lega sekarang.



Weekly World News

Nah, majalah yang satu ini lebih hebat. Ia sudah berdiri sejak tahun 1979 dan paling banyak menghasilkan hoax yang beredar di Indonesia. Saat ini, edisi cetak majalah ini sudah tidak beredar lagi, namun masih beredar dalam bentuk online.

Salah satu kisah hoax yang dimuat oleh majalah ini dan dianggap sebagai kebenaran adalah kisah mengenai dua penumpang kapal Titanic yang ditemukan puluhan tahun setelah tenggelam tanpa menjadi tua sedikit pun. Kalian bisa melihatnya disini

Lihat contoh-contoh berita yang diangkat oleh WWN.


Bayi naga di dalam toples
 
Kisah lain yang bersumber dari WWN dan sering dianggap sebagai kebenaran adalah kisah mengenai bayi naga di dalam toples atau pickled dragon. Kisah ini beredar pada Desember 2003 dan disertai dengan sebuah foto.


Disebutkan kalau seorang pria bernama David Hart dari Inggris memiliki bayi naga yang diawetkan di dalam toples di dalam garasi mobilnya di Oxfordshire. Namun, kisah tersebut ternyata cuma hoax karena bayi naga itu sebenarnya adalah sebuah model yang digunakan oleh BBC untuk membuat film dokumenter "Walking with Dinosaurus".



Patung Malaikat berusia 200.000 tahun di bulan
 
Kisah hoax lain yang bersumber dari WWN adalah penemuan patung malaikat yang berusia 200.000 tahun di bulan. Bahkan WWN menyertakannya dengan sebuah foto. Jangan heran karena WWN juga membuat foto-foto hoax untuk mendukung beritanya.



Mengapa kita mempercayai berita ini, Padahal bukan national geographic yang memberitakannya?

Bukankah aneh jika sebuah media parodi yang memberitakan penemuan spektakuler seperti ini? Mengapa media besar yang lain tidak memberitakannya?

Ataukah kita mengira pemerintah Amerika telah berkonspirasi meminta semua media besar untuk menutupi penemuan ini dan Weekly World News menjadi satu-satunya media pemberani yang tidak bisa dibungkam?

Ingat, sumber utama sangat penting untuk menilai kebenaran sebuah berita. Kisah penemuan patung malaikat yang berusia 200.000 tahun itu sesungguhnya adalah berita lama yang diambil dari majalah WWN edisi Mei 1995.


Masihkah kalian mempercayainya?

Bahkan ada berita lain yang lebih mengada-ngada dari WWN berkaitan dengan penemuan artefak misterius di bulan, yaitu penemuan janin bayi berusia 200.000 tahun (usianya sama dengan patung malaikat itu). Berita ini dimuat pada edisi februari 1993.





Semakin mengada-ngada?

Tunggu, ada lagi. Lihat contoh-contoh berita lain yang diangkat oleh WWN.

















Setelah melihat judul-judul majalah itu, kita akan semakin tertawa geli karena tagline majalah WWN adalah: The world's only reliable newspaper.

What a great sense of humor!


Cina akan meledakkan bulan
Bayangkan betapa konyolnya berita ini! Bulan mau disingkirkan? Kalau bulan disingkirkan, siapa yang akan membantu menerangi malam di bumi?

Saya cukup heran karena berita ini bisa tersebar luas dan dianggap serius. Soalnya, tidak ada satupun media utama yang memberitakan soal ini.

Tunggu...ehem, ternyata ada satu media utama yang memberitakannya, yaitu kompas.com





Lihat sumbernya.


Ternyata sumber berita ini berasal dari WWN!

Kompas dengan sukses turut menyebar hoax ini sehingga kemudian dibahas di forum-forum dan dicopy paste ke banyak blog.






Itulah beberapa media yang memang mengkhususkan diri untuk memberitakan berita lelucon,, kembali ke topik bahasan, tenyata berita mengenai kiamat 21 mei 2011 ini pun diberitakan oleh Weekly World News dan anda bisa melihat beritanya disini

Jadi sekarang kita masih bisa bernafas lega karena berita ini hanyalah sebuah HOAX, tetapi tentang kiamat itu bukanlah sebuah HOAX tapi pasti terjadi, namun kita semua tidak tahu kapan terjadinya.. Yang pasti Kiamat sudah semakin dekat.

Lain kali, jika kalian menemukan sebuah berita yang spektakuler dan sukar untuk dipercaya dan sumber utamanya adalah The Onion atau Weekly World News, anggaplah berita itu hanya sebagai hiburan. Jangan dianggap serius.

Jika kalian ingin melihat berita-berita yang ditampilkan oleh The Onion dan Weekly World News, kalian bisa mengunjungi situs mereka.


//mohon perhatian !!! boleh copypaste tapi kalau anda tidak keberatan tolong sertakan linkback ke blog ini//

Artikel Terkait



9 komentar:

the mental realm mengatakan...

tidak semua berita yang disajikan WWN adalah 100% hoax bro. contohnya saat berita kematian ribuan burung dan ikan di Arkansas di awal tahun 2011. waktu itu WWN juga memuat berita itu, tapi berita itu benar2 terjadi, maksud saya dari berita asli, dan mereka hanya sekedar me-review nya.

Dan menurut saya isu kiamat 21 mei ini sama halnya seperti berita tentang kematian ribuan burung dan ikan, mereka hanya mereview berita asli. dan menurut saya WWN bukan sumber utama dari isu kiamat ini. dan lagipula jika ini hoax buatan WWN, jadi website wecanknow.com itu buatan siapa? jika ini buatan WWN, berarti ini adalah hoax yang paling gila, karena sampai2 dibuat website, bahkan Google ads memuat iklan tentangnya. tidak mungkin mereka (WWN) berani mengeluarkan modal besar hanya untuk membuat sebuah hoax.

CMIIW

internazionale mengatakan...

Terimakasih bro atas informasinya,, infonya sangat bermanfaat.. tetapi bagi saya ini hanyalah sebuah hoax, kecuali 21 mei nanti kiamat memang terjadi, baru saya akan berubah pikiran.

Unknown mengatakan...

WWN nulis beritanya bru maren, tgl 18 Mei 2011, sedangkan situs aslinya udah diyakini pendengar radio itu sejak lama bro.Masuk aja ke familyradio.com.

WWN cuma bantu nyebarin aja.

PHENOMENA mengatakan...

Saya setuju samapa Mental Realm dan H.Be

internazionale mengatakan...

H.Be@ WWN sudah nulis ramalan 21 mei itu dari bulan april, postingan saya tentang FACEBOOK AKAN DITUTUP 15 MARET 2012 saya ambil dari WWN dan disitu saya juga melihat ada ramalan kiamat 21 mei oleh harold camping dan saya juga membacanya,, mungkin salah saya karena cuma meengambil dari satu sumber.. karena yang namanya HOAX adalah orang yang membikin lelucon untuk lelucuan,viral marketing, atau cari sensasi, dan ramalan ini masuk kategori cari sensasi, dan terbukti hari ini 21 mei tidak terjadi apa-apa,,

Tetapi saya berterimakasih kepada kalian teman-teman sesama blogger karena sudah mengkritik saya, saya jadi bisa mengoreksi kesalahan saya.

Anonim mengatakan...

sepertinya penulis tidak mengerti apa itu hoax dan apa itu prediksi yang gagal.

Unknown mengatakan...

Sekarang sudah terbukti bahwa kiamat tidak terjadi di tanggal 21 Mei ya kan? Nah, kita bisa mengatakan ini adalah sebuah kegagalan prediksi.

Lucu sekali jika ada orang yang benar-benar yakin pada suatu hari akan terjadi kiamat dan benar-benar terjadi. Bukankah semua itu tergantung kepercayaan mereka?

internazionale mengatakan...

anonim@ harold camping sebenarnya sudah pernah memprediksi pada tahun 1994 dan terbukti gagal, kalau sekarang memprediksi lagi dan gagal, berarti si harold camping itu cuma cari sensasi (HOAX) untuk tujuan tertentu atau apa, kita semua tidak tahu,,

pinkfloyd mengatakan...

Memang The Onion dan NNW tidak selalu menulis berita hoax atau parodi tapi juga tdk selalu menulis berita nyata..
BTW thumbs up for this article

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijak, komentar tentang agama tidak apa-apa asalkan tidak menyinggung, menghujat, mengejek agama lain.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons